Tuesday, January 31, 2012

Hedonik Test

0 komentar
Hedonik,hedonik,hedonik test
Hedonik Test merupakan salah satu mata kuliah jurusan ekonomi, sebenarnya artikel ini merupakan bagian dari tugas saya punya kakak, akan tetapi dari pada file ini mubazir berada dalam leptop saya, tidak ada salahnya donk kalo saya membagikannya lewat blog saya, mudah-mudahan bisa dijadikan bahan referensi untuk teman-teman yang mencari artikelnya guna untuk melengkapi bagian dari mata perkuliahan ok.
Hedonik,hedonik,hedonik test
Definisi Metode Harga Hedonik
Menurut Kamus yaitu Hubungan antara Lingkungan dengan utilitas. Sedangkan menurut bahasa, yaitu yang Hubungan yang berhubungan dengan kesenangan (pleasure). Suatu model ekonometrik hedonic yaitu model dimana variabel independen berhubungan dengan kualitas, misalnya kualitas dari suatu produk yang ingin dibeli. Metode harga Hedonik banyak diterapkan dalam studi ekonomi lingkungan, karena dalam studi ekonomi lingkungan banyak harga-harga barang yang tidak ‘nyata’ (implisit) namun melekat pada barang tersebut. Misalnya pengaruh polusi udara terhadap harga properti, demikian pula pengaruh lingkungan yang bersih terhadap harga properti. Untuk mengestimasi harga rumah,

Metode persamaan hedonic price adalah salah satu cara pengeluaran untuk perumahan yang dapat diuraikan dalam harga dan kuantitas yang terukur, sehingga sewa untuk setiap rumah yang berbeda atau rumah yang sama dilokasi yang berbeda dapat diprediksi dan dibandingkan. Secara sederhana, persamaan hedonic adalah regresi dari pengeluaran (sewa atau nilai) karakteristik rumah. Variabel independen mempresentasikan karakteristik individual rumah, dan koefesien regresi dapat dijadikan estimasi harga implisit karakteristik-karakteristik tersebut. Metode hedonic price dapat menjelaskan nilai real estate melalui feature dari properti tersebut. Feature dari properti terdiri dari 3 komponen yaitu komponen fisik, aksesibilitas dan lingkungan sekitar.

Harga hedonik adalah alat yang berguna dalam assessment dari nilai amenity. Asal mula metode ini adalah menghubungkan nilai cirri-ciri tempat tinggal dengan amenity lingkungan pemukimannya. Metode ini digunakan kebanyakan untuk menduga kebersediaan membayar bagi variasi dalam nilai property karena adanya atau tidak adanya atribut lingkungan khusus, seperti kualitas udara, kebisingan, dan pemandangan alam. Dengan membandingkan nilai pasar dari dua property yang mempunyai derajat yang berbeda atas atribut spesifik, analisis mengekstrak nilai implisit atribut tersebut atas penjual dan pembeli property.

Metode ini didasarkan pada gagasan bahwa barang pasar menyediakan pembeli dengan sejumlah jasa yang beberapa diantaranya bias merupakan kualitas lingkungan.

Misalnya bangunan rumah dengan kualitas udara segar di sekitarnya, maka orang akan membayar lebih dibandingkan dengan rumah yang kualitas sama tetapi berada pada lingkungan yang jelek.

Penggunaan utama dari metode harga hedonik adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor harga berdasarkan pada premis bahwa harga ditentukan baik oleh karakteristik internal dan eksternal barang dan jasa. Hal ini mungkin terdengar membingungkan tetapi Anda mungkin lebih akrab dengan harga hedonis daripada yang Anda sadari. Aplikasi yang paling dasar harga hedonik dapat dilihat ketika digunakan dalam pasar perumahan. Menggunakan metode ini, harga properti ditentukan oleh karakteristik rumah (ukuran, tampilan, fitur, kondisi) serta orang-orang dari lingkungan sekitarnya (aksesibilitas ke sekolah dan berbelanja, tingkat kriminalitas, tingkat pencemaran air dan udara , nilai dari rumah lainnya, kebisingan, lalu lintas, dll).

Terlepas mana yang digunakan, harga hedonis memberikan perkiraan dari sejauh mana setiap faktor mempengaruhi harga. Dengan kata lain, harga adalah nilai tinggi atau rendah dibandingkan dengan fitur langsung dan tidak langsung produk (atau rumah, dari atas). Ketika perbandingan perubahan harga diukur dari waktu ke waktu, penentuan dibuat apakah perubahan ini merupakan harga rendah atau tinggi dibandingkan dengan periode pelaporan sebelumnya

Mari kita lihat sebuah contoh nyata dari harga hedonik. Biro Statistik Tenaga Kerja melakukan analisis harga set televisi untuk keperluan perhitungan IHK pada tahun 2005, mencatat harga tetap berada di $ 329,99 selama beberapa bulan. Namun demikian, peningkatan signifikan telah dibuat seperti layar yang lebih baik. Menggunakan harga hedonis, yang menyimpulkan BLS perbaikan ini mengakibatkan peningkatan penilaian dari televisi set lebih dari $ 135. Jadi, ketika menentukan data inflasi untuk produk ini, BLS mengurangi nilai harga televisi ini set oleh 29 persen (efek deflasi) karena perbaikan, meskipun harga jual tetap pada $ 329,99. Kedengarannya seperti "akuntansi Enron".

Metodologi yang sama digunakan oleh pemerintah untuk barang dan jasa lainnya dari komputer ke autos. Meskipun setiap perangkat tambahan di kualitas atau menambahkan fitur, masalahnya adalah bahwa konsumen masih dikenakan harga yang sama sejauh dompet mereka prihatin. Jadi, itu tidak akurat untuk menganggap bahwa perbaikan produk yang akan meningkatkan daya tarik konsumen barang dengan cara yang sama sebagai potongan harga, kecuali kita mengasumsikan bahwa modal bukanlah faktor pembatas. Sedangkan asumsi tersebut mungkin cukup masuk akal oleh seorang optimis selama ekspansi ekonomi yang kuat, (ketika uang berlimpah) itu sangat cacat saat kondisi ekonomi lemah.

Apabila artikel ini bermanfaat  menurut teman-teman. besar harapan saya sekiranya teman-teman bisa meninggalkan saran atau koment demi kesempurnaan blog saya ini... ok

Leave a Reply

belajar menghargai merupakan modal keberhasilan